Pages

Sabtu, 11 Mei 2013

Media Transmisi Wireless


        Suatu media transmisi data yang tidak memerlukan kabel dalam proses transmisinya, memanfaatkan sebuah antena untuk transmisi di udara, ruang hampa udara, atau air. Untuk transmisi, media transmisi wireless menggunakan gelombang radio frekuensi tinggi. Biasanya gelombang elektromagnetik dengan frekuensi 2.4 Ghz dan 5Ghz. Antena menyebarkan energy elektromagnetik ke dalam media (biasanya udara), sedangkan untuk penerimaan sinyal, antena menangkap gelombanvg elektromagnetikdari media. Pada dasarnya terdapat dua jenis konfigurasi untuk transmisi wireless.

1.      Searah
Untuk konfigurasi searah, antena pentransmisi mengeluarkan sinyal elektromagnetik yang terpusat; antenna pentransmisi dan antenna penerima harus disejajarka dengan hati-hati. Umumnya, semakin tinggi frekuensi sinyal, semakin mungkin menfokuskannya kedalam sinar searah.

2.      Segala Arah
Untuk konfigurasi segala arah, sinyal yang ditransmisikan menyebar luas ke seagala penjuru dan diterima oleh banyak antenna.

Keuntungannya wireless :
·     Dapat dipergunakan untuk komunikasi data dengan jarak yang jauh sekali. Tergantung LOS (Line of Sight) dan kemampuan perangkat wireless dalam memancarkan gelombang.
·         Sangat baik digunakan pada gedung yang sangat sulit menginstall kabel.

Kerugiannya :
·         Sulit diperoleh karena spektrum frekuensi terbatas.
·         Biaya instalasinya, operasional dan pemeliharaan sangat mahal.
·         Keamanan data kurang terjamin.
·         Pengaruh gangguan (derau) cukup besar.
·         Transfer data lebih lambat dibandingkan dengan penggunaan kabel.

Tiga macam wilayah frekuensi
1.      Gelombang mikro (microwave) 2 – 40 Ghz
2.      Gelombang radio 30 Mhz – 1 Ghz
3.      Gelombang inframerah

Untuk media unguided, transmisi dan penerimaan dapat dicapai dengan menggunakan antena. Untuk transmisi, antena mengeluarkan energi elektromagnetik ke medium (biasanya udara) dan untuk penerimaan, antena mengambil gelombang elektomagnetik dari medium sekitarnya. Media transmisi tidak terpandu (unguided) terbagi atas empat bagian yaitu:
1.      Gelombang Mikro Terrestrial (Atmosfir Bumi)
2.      Gelombang Mikro Satelit
3.      Radio Broadcast
4.      Infra Merah

Sumber:
http://sudoapt-getcold.blogspot.com/2011/10/media-transmisi-wireless.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar