Pages

Rabu, 23 Januari 2013

Banjir Jakarta 2013 Meluas, Merendam 50 Kelurahan


maiwanews – Jumlah wilayah yang terendam banjir akibat meluapnya Sungai Ciliwung dan sungai lainnya di wilayah Jakarta terus bertambah. Hingga Selasa (15/1) pukul 20.00 Wib, data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan sebanyak 50 kelurahan terendam banjir.

Banjir kali ini mengakibatkan 6.101 jiwa mengungsi di beberapa titik. Pengungsi terbanyak terdapat di Kel Durikosambi yaitu 2.645 orang ditempatkan di markas karang taruna dan Terminal Bus Transjakarta. Di Kel Rawabuaya terdapat pengungsi 2.102 orang dan di Kelurahan Bidaracina 214 pengungsi.

Berikut wilayah DKI Jakarta yang terendam banjir dan :

Jakarta Timur, daerah yang terendam banjir adalah Kec Jatinegara (Kel Bidara Cina dan Kampung Melayu), Kec Kramat Jati (Kel Cawang dan Cililitan).

Jakarta Selatan, banjir menggenangi Kec Tebet (Kel Bukit Duri dan Kebon Baru), Kec Pancoran (Kel Rawajati), Kec Pasar Minggu (Kel Pejaten Timur dan Cilandak Timur), Kec Kebayoran Lama (Kel Pondok Pinang dan Kebayoran Lama Utara), Kec Pesanggrahan (Kel Petukangan Selatan, Bintaro, Ulujami dan Cipulir), Kec Cilandak (Kel Cilandak Barat dan Kelurahan Pondok Labu), Kec Kebayoran Baru (Kel Petogogan), Kec Jagakarsa (Kel Tanjung Barat).

Jakarta Pusat, banjir di 3 kelurahan yaitu Kel Galur, Kec Johar Baru, lalu di Kel Petamburan di Kec Tanah Abang, serta di Kel Cideng di Kec Gambir.

Jakarta Barat, banjir terjadi di Kec Kebon Jeruk (Kel Kedoya Utara, Duri Kepa dan Sukabumi Selatan), Kec Kembangan (Kel Kembangan Utara, Joglo dan Meruya), Kec Grogol Petamburan (Kel Grogol, Tomang, Tanjung Duren Selatan, Tanjung Duren Utara, Jelambar, Jelambar Baru, dan Wijaya Kusuma), Kec Cengkareng (Kel Kapuk, Cengkareng Timur, Duri Kosambi, Cengkareng Barat, Kedaung Kaliangke dan Rawa Buaya).

Jakarta Utara, banjir terjadi di Kec Kelapa Gading (Kel Kepala Gading Timur dan Pegangsaan Dua), Kec Tanjung Priok (Kel Tanjung Priok, Sunter Agung dan Kebon Bawang), Kec Pademangan (Kel Pademangan Barat), Kec Penjaringan (Kel Penjaringan, Pejagalan, Kamal Muara, Kapuk Muara dan Pluit).

Sumber:

http://berita.maiwanews.com/banjir-jakarta-2013-meluas-merendam-50-kelurahan-28702.html


            Sudah seminggu banjir melanda ibukota tercinta. Namun di beberapa titik air banjir belum surut. Contohnya di daerah Kalibata. Aliran sungai membawa material sampah yang menumpuk hingga masuk ke jalan dan menutupi sebagian dari jalan tersebut. Banjir kali ini dirasa sangat besar dibandingkan banjir 20 tahun terakhir. Pusat kota yang menjadi pusat kesibukan menjadi lumpuh total untuk kegiatan bisnis. Sejumlah perusahaan ekspedisi barang merugi karena pengiriman barang menurun dan tertunda. Kerugiab yang di alami pun mencapai puluhan juta rupiah per hari.

            Karena banjir ini TNI AL pun sampai mengerahkan kendaraan amfibi untuk bisa membantu warga mengungsi. Kendaraan amfibi ini dirasa sangat efektif untuk mengangkut masyarakat dalam kegiatan evakuasi.

             Menurut saya seharusnya warga lebih sadar dan peduli untuk menciptakan lingkungsn yang lebih indah. Semakin banyak warga yang sadar untuk tidak membuang sa,pai ke sungai atau saluran air, maka semakin kecil kemungkinan banjir akan datang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar