Pages

Selasa, 11 Juni 2013

Android

            Android adalah sebuah sistem operasi perangkat mobile berbasis linuks yang mencakup sistem operasi, middleware dan aplikasi. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri.
            Untuk mengembangkan Android, dibutuhkan Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lyunak, dan telekoomunikasi,, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-mobile dan Nvidia. Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliace menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain Pihak, Google merilis kode-kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.
Adapun versi-versi Android yang pernah dirilis adalah sebagai berikut:
·         Android versi 1.1
Versi ini dirilis pada tanggal 9 Maret 2009. Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam, alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.
·         Android versi 1.5 (Cupcake)
Pertengahan Mei 2009, Google kembali merilis telpon seluler dengan menggunakan Android dan SDK (Software Development Kit) dengan versi 1.5 (Cupcake). Terdapat beberapa pembaruan termasuk juga penambahan beberapa fitur dalam seluler versi ini yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, meng-upload video Youtube dan gambar langsung ke Picasa langsung dari telepon, dukungan Bluetooth A2DSP, kemampuan tehubung secara langsung ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.
·         Android versi 1.6 (Donut)
Donut (versi 1.6) dirilis pada September dengan menmpilkan proses pencarian yang lebih baik dibandingkan sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus. Kamera, camcorder dan galeri yang diintegrasikan, CDMA/EVDO, 802.IX, VPN, Gesture, dan Text-to-speech engine, kemampuan dial kontak, teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel), pengadaan resolusi VWGA.
·         Android versi 2.0/2.1 (Eclair)
Pada Desember 2009 kembali diluncurkan ponsel Android dengan versi 2.0/2.1 (Éclair), perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3.2 MP, digital zoom, dan Bluetooth pada semua ponsel, pengadaan rsolusi VWGA.
·         Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)
\Pada bulan Mei 2010, Android versi 2.2 Rev 1 diluncurkan. Android inilah yang sekarang banyak beredar dipasaran, salah satunya adalah dipakai oleh Samsung FX tab yang sudah ada di pasaran. Fitur yang tersedia di Android ini sudah kompleks diantaranya adalah kerangka aplikasi memungkinkan penggunaan dan penghapusan komponen yang tersedia, Dalvik Virtual Machine dioptimalkan untuk perangkat mobile, grafik di 2D dan grafis 3D berdasarkan libraries OpenGL, SQLite untuk penyimpanan data, mendukung media audio, video dan berbagai format gambar, GSM, Bluetooth, EDGE, WiFi (hardware independent), kamera, Global Positioning System (GPS), kompas dan accelerometer (tergantung hardware).
·         Android versi 2.3 (Gingerbread)
Android kembali melakukan perkembangan sistem operasinya 7 bulan kemudian atau lebih tepatnya pada Desember 2010. Android versi 2.3 atau lebih dikenal sebagai Android Gingerbread, terlihat jauh lebih berbeda dari sistem operasi yang sebelumnya. Tampilan Gingerbread lebih atraktif dan sudah mampu mendukung fitur dual kamera untuk melakukan video call. Android Gingerbread juga mulai fokus untuk kemampuan meningkatkan mutu aplikasi-aplikasi permainan (gaming) yang dijalankan didalamnya, peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (user interface) yang di desain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio (reverb, equalization, headphone virtualization dan bass boost), serta dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC).
·         Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb)
Pada bulan Mei 2011 Android versi 3.0/3.1 atau Android Honeycomb dirilis. Android versi ini dirancang khusus untuk tablet karena mendukung ukuran layar yang lebih besar. User interface yang digunakan pada Android Honeycomb juga sangat berbeda dengan yang digunakan pada smartphone Android. Honeycomb mendukung multi processor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Tablet pertama yang dibuat dengan menjalankan sistem operasi Honeycomb adalah Motorola Xoom.
·         Android versi 4.0 (Ice Cream Sandwich)
Android ICS atau Ice Cream Sandwich dirilis pada Oktober 2011. Android Ice Cream Sandwich merupakan salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh para pengembang smartphone yang sudah memiliki nama besar seperti Samsung, Sony, Acer serta produsen-produsen kelas berat lainnya untuk digunakan pada produk terbaru mereka. Ponsel pertama yang menggunakan sistem operasi ini adalah Samsung Galaxy Nexus. Banyak fitur-fitur terbaru yang disematkan pada sistem operasi ini, diantaranya fitur yang memaksimalkan fotografi, grafis dan resolusi gambar, kualitas video, sistem pengenal wajah untuk membuka kunci, mencari email secara offline dan masih banyak lagi.
·         Android versi 4.1/4.2 (Jelly Bean)

Android versi 4.1/4.2 atau Android Jelly Bean yang diluncurkan pada acara Google I/O merupakan versi android yang terbaru saat ini. salah satu gadget yang menggunakan sistem operasi Jelly Bean adalah Google Nexus 7 yang diprakarsai oleh ASUS. Fitur terbaru dari sistem operasi Android Jelly Bean ini salah satunya adalah peningkatan kemampuan on-screen keyboard yang lebih cepat serta lebih responsif, pencarian data kontak dengan fitur Voice Search dan lain sebagainya. Google Now juga menjadi bagian yang diperbarui. Google Now memberikan informasi yang tepat pada waktu yang tepat pula. Salah satu kemampuannya adalah dapat mengetahui informasi cuaca, lalu lintas sampai hasil pertandingan olahraga.

sumber: Android: Nazarudin Safaat H

Tidak ada komentar:

Posting Komentar