Pages

Sabtu, 17 November 2012

Masih Ingatkah dengan Sumpah Kita?

Sumpah Pemuda adalah bukti bahwa tanggal 28 Oktober 1928 bangsa Indonesia dilahirkan. Prosesnya merupakan hasil dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis saat itu, kondisi inilah yang kemudian mendoron g para pemuda saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat hidup orang Indonesia asli, tekad ini yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945.

Isi Sumpah Pemuda versi orisinil:
Pertama
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoewa
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Versi Ejaan yang Disempurnakan:
Pertama                                                                                                                                                       
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kedua
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Berbanding terbalik dengan zaman sekarang. Zaman dulu para pemuda harus berperang melawan penjajah agar Indonesia bisa merdeka dan rakyatnya pun bisa hidup sejahtera. Sedangkan zaman sekarang, kebanyakan pemuda kita mudah  tersulut emosi dan hanya bisa beradu otot bukannya beradu prestasi. Yang pada akhirnya tawuran dengan saudara sebangsa sendiri hanya hal-hal yang sepele. Bukan kah saat Sumpah Pemuda di ikrarkan “bertumpah darah satu, tanah air Indonesia .. berbangsa satu, bangsa Indonesia… dan bahasa persatuan, bahasa Indonesia.”. itu adalah kutipan dari tiga sumpah yang mewakili sumpah seluruh pemuda di Indonesia. Bukankah seharusnya kita bisa membuat bangsa Indonesia lebih baik lagi, lebih sejahtera, aman dan tentram?? Tapi kenapa kita malah membuat malu bangsa ini dengan kelakuan yang kekanak-kanakan??.

Tapi tenang dulu, masih banyak pemuda kita yang bisa memberikan kebanggaan pada bangsa ini. Di Padang 29 Oktober 2012 tepatnya di Universitas Andalas, mereka mengadakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 84 tahun dengan tema “DENGAN SUMPAH PEMUDA, KITA MANTAPKAN KEMANDIRIAN, KREATIVITAS DAN KEBANGSAAN MENUJU KOMUNITAS ASEAN 2015”. Tema tersebut membawa pesan bahwa kita semua, dan pemuda khususnya, perlu memantapkan tekad untuk terus menerus mempertahankan kemandirian dan kreatifitas sembari membangun identitas kebangsaan yang lebih kokoh dan bermartabat. Tekad tersebut telah dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga bangsa Indonesia sengan pasti telah menapak jalan sejarahnya sesuai dengan nilai-nilai Sumpah Pemuda, Pancasila dan UUD’45.

Ada pula peringatan hari Sumpah Pemuda yang unik, yaitu flashmob yang dilakukan di Bundaran HI pada acara car free day yang di lakukan oleh tim Happy Holiday Indonesia dan peserta lainnya. Flashmob ini memang dilakukan untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda. Dengan menggunakan kostum batik, seragam yang mencerminkan penjajah belanda dan jepang, mereka melakukan aksi teatrikal dengan tarian dan iringan musik, lalu di bacakan lah isi dari Sumpah Pemuda. (silahkan lihat http://www.youtube.com/watch?v=dP7lu8LEqgw)

Tidak hanya hal buruk yang dilakukan oleh para pemuda kita dengan melakukan aksi anarkis yang berakhir dengan jatuhnya korban, tapi masih banyak para pemuda kita yang kreatif dan membanggakan bangsa Indonesia dengan masih ingatnya mereka dengan Hari Sumpah Pemuda dimana hari itu para pemuda Indonesia mengikrarkan Sumpah mereka kepada bangsa ini.

“Bukan bagaimana cara kita memperingati hari itu, tapi bagaimana kita mengingat dan menghargai perjuangan para pemuda saat itu dan bagaimana cara kita mengingat sumpah kita, Sumpah Pemuda..” 

Sumber:

http://id.wikipedia.org/wiki/Sumpah_Pemuda
http://www.unand.ac.id/id/berita/universitas/1210-peringatan-hari-sumpah-pemuda-28-oktober-2012-di-universitas-andalas
http://www.youtube.com/watch?v=dP7lu8LEqgw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar