Pages

Senin, 26 November 2012

Perang Gaza di Media Sosial


Konflik Gaza juga merambah di media sosial. Ini persaingan dalam menarik perhatian publik, dengan menampilkan gambar anak-anak yang tewas dan kehancuran via Twitter dan Facebook.

Ebaa Rezeq menjelaskan, bahwa ia selalu membuka jendela jika ia mengirim berita singkat lewat Twitter tentang perang yang terjadi. Agar jika roket mendarat di sebelah rumahnya atau ada bom yang meledak, ia tidak sampai terkena pecahannya.

Tapi di jendela yang tertutup pun, bunyi ledakan terus terdengar. "Kami di sini tinggal di neraka, biar dunia mengetahui hal itu," katanya.

Oleh karena itu mahasiswi tersebut mengirim berita lewat Twitter sepanjang hari. Mengenai ledakan-ledakan, korban tewas dan bangunan-bangunan yang hancur. Sebelum ia keluar rumah, ia melihat ke Twitter, di mana yang baru ditembaki. Sering, kata Ebaa, warga Israel, yang disebutnya „ekstremis Zionis“ mengirimnya ancaman. „Makian mereka sungguh pedas,“ katanya. Meskipun demikian, atau justru karena itu ia terus melakukannya.

Sebuah Perang Propaganda


Jurnalis Jihad Misharawi tangisi kematian putranya

"Perang Twitter“ adalah menyangkut propaganda dan interpretasi istimewa. Ini perang di mana gambar-gambar bangunan yang hancur dan korban anak-anak dari kedua belah pihak dipublikasikan, seperti misalnya gambar jurnalis BBC Jihad Misharawi sedang menangis sambil membopong jenazah anak laki-lakinya yang berusia 11 bulan yang ditutup kain kafan putih. Foto itu di-tweet ke seluruh dunia, dan segera menjadi topik pemberitaan pers internasional.

"Militer Israel dan Palestina mencoba memperoleh dukungan internasional lewat media sosial,“ kat Ula Ppapjak dari Technische Universität Berlin. Jadi tidak heran, jika banyak Tweets ditulis dalam Bahasa Inggris.

Juga militer Israel (Israel Defense Forces disingkat IDF) mengumumkan serangannya terhadap Gaza melalui akun Twitter-nya (@IDFSpokesperson), dan baru sesudahnya menggelar konferensi pers seperti tradisi yang lazim. Tidak lama kemudian disusul peringatan kepada semua anggota Hamas „agar dalam beberapa hari mendatang tidak menampakkan wajahnya di atas bumi.“ Segera setelah itu menyusul jawaban dari Brigade Al-Kassam Hamas (@AlwassamBrigade): „Tangan-tangan kami yang suci akan menemukan pemimpin dan tentara-tentara kalian, terserah di mana pun.“

Aktualisasi Perang Setiap Menit

Screenshot Tweet Gaza

Kedua pihak mengirim berita via Twitter tanpa terhenti, juga seperti ratusan warga Palestina dan Israel. Setiap menit ada aktualisasi perang dari Gaza, tapi juga dari bunker perlindungan udara di Tel Aviv, di mana semua anggota keluarga bersembunyi dan mengirim video kecemasannya lewat YouTube.

Kini bahkan sudah sedemikian jauh, sehingga militer Israel IDF memperingatkan penduduk Israel untuk tidak memberikan keterangan yang rinci mengenai serangan roket dari Gaza. "Itu akhirnya menjadi informasi-informasi yang dapat menguntungkan Hamas,“ kata Gabriel Weinmann, pakar media dari Universitas Haifa. Mereka dapat memanfaatkan informasi tersebut, misalnya untuk memperbaiki kuota ketepatan mendarat roket.

Dukungan Hacker dari Seluruh Dunia

Namun perang virtual bukan perang yang seimbang. „Israel lebih terorganisir, mereka punya mesin propaganda yang benar dengan petugas dan masih banyak hal lain yang dibutuhkannya,“ kata Asaad Thebian, pakar media Libanon. Warga Palestina harus mengandalkan dirinya sendiri.

Ebaa menuturkan, setiap 8 jam, listrik diputus. Jadi ia harus mengirimkan berita lewat ponsel ke Twitter. “Hubungan ponsel begitu lambat, bukan hal yang mudah.” Meskipun demikian ia mengirimkan sebanyak mungkin Tweets sebisanya, kadang pada hari-hari tertentu sampai ratusan, kata Ebaa.

Remaja Palestina di media sosial

Jika listrik padam, yang lain yang mengambil alih perang, antara lain hacker dari Arab Saudi atau Libanon, kata Weinmann. Baru Senin (19/11) hacker mencoba menyerang jaringan internet universitasnya, kata pakar media Universitas Haifa tersebut dengan tenang. Ia sudah terbiasa dengan itu. "Segera bila di sini terjadi perang, selalu banyak upaya para hacker untuk menyerang situs, menyebarkan informasi-informasi yang salah, dan sebagainya.“

Informasi yang Salah lewat Twitter

Informasi-informasi salah juga disebarluaskan lewat Twitter dan Facebook, misalnya tentang gambar anak-anak yang tewas, yang sebenarnya berasal dari Suriah. Hal itu membuat Ebaa marah. “Kami seharusnya menjaga kebenaran, jika tidak, tak ada lagi yang percaya pada kami.“ Juga Ulla Papajak menekankan, bahwa gambar-gambar dan informasi-informasi harus dikaji benar-benar, meskipun seringkali waktu untuk itu tidak ada.

Tapi di antara ledakan, tembakan dan banjir aktualisasi berita di Twitter, mengetahui kebenaran yang sebenarnya tidak mudah, diakui Ebaa. „Sebetulnya tidak ada yang tahu pasti, apa yang benar-benar terjadi.“ Meskipun demikian ia akan tetap mengirim Tweets.


Sumber:
http://www.dw.de/perang-gaza-di-media-sosial/a-16397603

Kamis, 22 November 2012

Redenominasi



Redenominasi adalah menyederhanakan denominasi (pecahan) mata uang menjadi pecahan lebih sedikit dengan mengurangi digit (angka nol) tanpa mengurangi nilai mata uang. Misal Rp. 1.000 menjadi Rp. 1. Hal yang sama juga dilakukan pada harga-harga barang, sehingga daya beli masyarakat tidak berubah.


Tujuannya untuk menyederahanakan pecahan uang agar lebih efisien dan nyaman dalam melakukan taransaksi dan juga untuk mempersiapkan kesetaraan ekonomi Indonesia dengan Negara regional. Redenominasi ini tidak menimbulkan dampak apapun kepada masyarakat karena daya beli masyarakat tetap sama. Nilai uang terhadap barang pun tidak berubah karena hanya cara penyebutan dan penulisan pecahan uang saja yang disesuaikan.

Redenominasi dilakukan saat kondisi makro ekonomi stabil. Ekonomi tumbuh dan inflasi terkendali. Rednominasi harus disiapkan secara matang dan terukur sampai masyarakat siap, agar tidak menimbulkan gejolak di masyarakat.

Contoh redennominasi pada tiga digit angka nol:

         Harga 1 iliter bensin seharga Rp. 4.500 per liter, maka dengan uang sebanyak Rp. 4,5 tetap dapat membeli 1 liter bensin. Karena harga 1 liter bensin juga dinyatakan dalam satuan pecahan yang sama (baru).

Rencana Redenominasi pada Rupiah



        Rencananya redenominasi rupiah akan dilaksanakan secara penuh pada tahun 2022 nanti dan untuk masa sosialisasinya akan dilaksankan secara bertahap mulai tahun 2013 yang akan dating. Selama masa sosialisai tersebut akan digunakan 2 (dua) jenis mata uang rupiah yaitu rupiah lama dan rupiah baru.Jadi selama masa transisi, masyarakat bisa memilih mau bayar barang dengan mata uang rupiah lama atau mata uang rupiah baru.

Sumber:
http://www.redenominasirupiah.com/

Sabtu, 17 November 2012

Mobil Hybrid


Mobil Hybrid adalah mobil yang berjalan dengan dua sumber tenaga, mesin yang berajalan dengan minyak dan motor yang berjalan dengan tenaga listrik. Mesinnya berjalan dengan kombinasi dua tenaga tersebut.

Mobil hybrid dapat memanfaatkan mesin bertenga bensin dan motor bertenaga listrik dengan baik. Artinya, kombinasi dua teknologi tersebut dapat menghasilkan emisi gas buang CO2 yang lebih sedikit hingga sangat amat ramah lingkungan.

Mobil hybrid menggunakan kombinasi dari motor listrik dan pembakaran dari mesin, dengan memaksimalkan kekuatan dari kedua sumber daya tersebut disamping saling mengisi kekurangannya. Hasilnya adalah efisiensi onsumsi bahan bakar dengan performa yang luar bisa.
Fitur Utama Mobil Hybrid


Efisiensi bahan bakar yang lebih besar
                Sistem Hybrid yang menggabungkan motor listrik dan pembakaran di mesin menghasilkan tenaga yang berasal dari dua sumber daya. Ini berarti bahwa, mesin pembakar internal membutuhkan konsumsi bahan bakar lebih seikit untuk mencapai jarak yang sama. Berarti, kendaraan hybrid memiliki efisiensi yang lebih baik jka dibandingkan dengan mobil konvensional.
Emisi yang lebih rendah

                Karena konsumsi bahan bakar yang efisien, mobil hybrid mengeluarkan labih sedikit emisi gas buang dibandingkan dengan mobil konvensional, dan ini yang membuat mobil hybrid lebih ramah lingkungan.
Pengurangan energy yang terbuang dan regenerasi energi

                Energi yang biasanya terbuang menjadi panas pada saat dikendarai, pengurangan laju dan pengereman diubah sebagai tenaga listrik, yang kemudian digunakan kembali untuk memberikan tenaga ke motor elektrik. Hal ini membuat mobil Hybrid menjadi lebih efisien. Sistem ini juga didesain seefektif mungkin dimana aki diisi dari berbagai tingkst pergerakan kendaraan, karena mobil hybrid bersifat menghasilkan ulang (tenaga), maka ia tidak membutuhkan pengisian ulang dari sumber eksternal.
Mesin Mobil Hybrid

Kebanyakan mobil hybrid, mesinnya berjal;an menggunakan bahan bakar, motor nya berjalan menggunakan listrik. Karena mobil hybrid memiliki beberapa bagian khusus, generator listrik yang memberi tenaga pada motor, baterai yang menyimpan listrik diproduksi oleh generator, dan power control unit yang memastikan listrik yang di produksi dapat digunakan secara efisien.

Walau menggunakan dau jenis sumber tenaga, cara mengemudinya tetap sama dengan mobil konvensional. Tergantung pada kondisi saat mengumudi, mobil hybrid hanya menggunakan motor listrik untuk menghemat bahan bakar atau mengkombinasikan kedua mesin bahan bakar dan motor listrik.


Khusus mesin hybrid, mesin listriknya bisa mengisi ulang ke aku dengan memanfaatkan kinetic energy saat mengerem(regenerative breaking). Bahkan sebagian energi mesin dari mesin bensin/solar/bio fuel saat berjalan listriknya bisa disalurkan untuk mengisi batterai/aki. Dengan system operasi seperti ini maka akan terjadi terjadi penghematan BBM. Di kots Tokyo Jepang, truk dan bus sudah banyak yang memakai tenaga mesin system hybrid kerena dinilai amat efisien/hemat BBM dan mengurangi polusi.

Jenis mesin hybrid secara umum ada yang memakai system parallel dan system seri, namun yang paling umum adalah paralel. Mesin listrik pada kendaraan hybrid sebenarnya hanya untuk penunjang atau booster, pada mesin utama yang memakai bensin ataupun solar. Mesin listrik yang kecil pada kendaraan jenis hybrid tak akan kuat menjalankan mobil secara normal. Perkembangan teknologi mesin hybrid memang semakin pesat. Begitu pula dalam pengisian ulang listriknya yang semakin canggih, cepat, dan tenaga mesin listriknya semakin besar.

Kelebihan mobil hybrid:
- Konsumsi BBM yang relatif lebih rendah dari mobil bensin non-hybrid
- Emisi yang rendah

Kekurangan mobil hybrid:
- Bobotnya yang berat karena bobot baterai/motor listrik, akibatnya akselerasi lambat
- Biaya produksi yang relatif lebih tinggi
- Sistem elektrikal yang sangat rumit
- Biaya yang mahal jika terjadi kerusakan pada baterai/motor listrik/sistem elektrikal
- Menurut National Highway Traffic Safety Administration Amerika Serikat tahun 2009, mobil hybrid

Sumber:
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20120528193818AAhEZ25
http://moetsz.blogspot.com/2012/05/mobil-hybrid.html


PROYEK MRT


Proyek MRT DKI Jakarta (Mass Rapid Transit) antara Kota ke Lebak Bulus akan dibangun dalam 3 jenis lintasan, Proyek MRT JAKARTA ini telah ditanda tangani di Jakarta 25 Maret 2009 dengan tahap petama 4 stasiun bawah-tanah dan 8 stasiun layang rencana pelaksanaan pembangunan kontruksi tahun 2009-2010.

Kota - Dukuh Atas (jarak sekitar 7 km, subway)
Akan dibangun subway mengingat jalur ini memungkinkan adanya subway dengan alasan tehnis banyaknya rintangan antara lain banyak sekali persimpangan, ada Monas (Bung Karno dulu pernah minta agar tidak ada lintasan kereta yang elevated melalui Monas, namun sudah terlanjur lintas tengah di Gambir ternyata elevated), ada Harmoni, dll. Dari Dukuh Atas menuju monas dapat dimanfaatkan sebagai jalur hijau tengah Jl Thamrin, sedangkan di Monas juga akan memanfaatkan jalur tengah jalan, kemudian dari Harmoni sampai Kota dapat memanfaatkan di bawah kali dan jalan (Hayam Wuruk/Gajah Mada).

Dukuh Atas - Senayan (jarak sekitar 3 km, surface)
Akan dibangun permukaan (surface) karena ada Banjir Kanal Barat dan Jembatan Semanggi, sehingga diperkirakan memanfaatkan jalur busway yang kini sudah ada dan memungkinkan secara surface.
Senayan - Lebak Bulus (jarak sekitar 11 km, elevated)
Akan dibangun layang (elevated) karena harus melalui medan yang banyak rintangan di atas permukaan, sedangkan kalau subway tidak diperlukan untuk menghindari biaya yang besar.

Depo di Lebak Bulus
Untuk fasilitas depo MRT akan dibangun di Lebak Bulus, di mana lahan masih tersedia luas dibandingkan lokasi lain, selain juga praktis kalau MRT mulai berjalan pagi hari dari Lebak Bulus tempat tinggal para penumpang.
Monorel Jakarta



Rencana Monorel Jakarta seperti Kuala Lumpur Monorail di Malaysia

Monorel Jakarta adalah sebuah sistem MassTransit dengan kereta rel tunggal (monorel) dengan jakur elevated, yang kini sedang akan dalam pembangunan di Jakarta, Indonesia. Dua jalur sedang dibangun: jalur hijau melayani Semanggi-Casablanca-Kuningan-Semanggi dan jalur biru melayani Kampung Melayu-Casablanca-Tanah Abang-Roxy.
Sejarah
Projek ini dihadang oleh kesulitan finansial dan pergantian teknologi yang berganti-ganti. Awalnya diberikan pada 2003 kepada perusahaan Malaysia MTrans, pembangun Monorel KL, konstruksi dimulai pada Juni 2004 tetapi ditunda hanya setelah berjalan beberapa minggu. MoU MTrans dibatalkan, dengan projek diberikan kepada konsorsium utama Singapura Omnico, yang mengusulkan menggunakan teknologi maglev oleh perusahaan Korea Selatan ROTEM.
Pada Juli 2005, projek ini berganti tangan lagi dengan MoU baru diberikan kepada sebuah konsorsium perusahaan Indonesia PT Bukaka Teknik Utama, PT INKA, dan Siemens Indonesia. Omnico menentang ini, dan jadwal akhir 2007 sepertinya tidak mungkin terjadi. Namun pada Oktober 2005 konstruksi terus berlangsung, dengan anggapan bahwa fondasi dasar "pile" dan pilar dapat digunakan oleh konsorsium dan teknologi yang memenangi tender.
Rencana pengembangan                      
Projek ini direncakan 3 fase, dengan mengutamakan penumpang Bekasi/Cikarang dan Tangerang/Karawaci yang menuju Pusat CBD Jakarta (Penumpang Bogor dan Depok telah dilayani dengan KRL, namun akan memanfaatkan monorel ke Pusat CBD Jakarta):

  • Fase I: Koridor Jakarta (27km)
  • Stage I: Jalur hijau (14km)
  • Stage II: Jalur biru (13km)
  • Fase II: Jakarta ke Bekasi dan Cikarang (18-30km)
  • Fase III: Jakarta ke Tangerang dan Karawaci (16-25km)


Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Proyek_MassTransit_Jakarta


Masih Ingatkah dengan Sumpah Kita?

Sumpah Pemuda adalah bukti bahwa tanggal 28 Oktober 1928 bangsa Indonesia dilahirkan. Prosesnya merupakan hasil dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis saat itu, kondisi inilah yang kemudian mendoron g para pemuda saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat hidup orang Indonesia asli, tekad ini yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945.

Isi Sumpah Pemuda versi orisinil:
Pertama
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoewa
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Versi Ejaan yang Disempurnakan:
Pertama                                                                                                                                                       
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kedua
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Berbanding terbalik dengan zaman sekarang. Zaman dulu para pemuda harus berperang melawan penjajah agar Indonesia bisa merdeka dan rakyatnya pun bisa hidup sejahtera. Sedangkan zaman sekarang, kebanyakan pemuda kita mudah  tersulut emosi dan hanya bisa beradu otot bukannya beradu prestasi. Yang pada akhirnya tawuran dengan saudara sebangsa sendiri hanya hal-hal yang sepele. Bukan kah saat Sumpah Pemuda di ikrarkan “bertumpah darah satu, tanah air Indonesia .. berbangsa satu, bangsa Indonesia… dan bahasa persatuan, bahasa Indonesia.”. itu adalah kutipan dari tiga sumpah yang mewakili sumpah seluruh pemuda di Indonesia. Bukankah seharusnya kita bisa membuat bangsa Indonesia lebih baik lagi, lebih sejahtera, aman dan tentram?? Tapi kenapa kita malah membuat malu bangsa ini dengan kelakuan yang kekanak-kanakan??.

Tapi tenang dulu, masih banyak pemuda kita yang bisa memberikan kebanggaan pada bangsa ini. Di Padang 29 Oktober 2012 tepatnya di Universitas Andalas, mereka mengadakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 84 tahun dengan tema “DENGAN SUMPAH PEMUDA, KITA MANTAPKAN KEMANDIRIAN, KREATIVITAS DAN KEBANGSAAN MENUJU KOMUNITAS ASEAN 2015”. Tema tersebut membawa pesan bahwa kita semua, dan pemuda khususnya, perlu memantapkan tekad untuk terus menerus mempertahankan kemandirian dan kreatifitas sembari membangun identitas kebangsaan yang lebih kokoh dan bermartabat. Tekad tersebut telah dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga bangsa Indonesia sengan pasti telah menapak jalan sejarahnya sesuai dengan nilai-nilai Sumpah Pemuda, Pancasila dan UUD’45.

Ada pula peringatan hari Sumpah Pemuda yang unik, yaitu flashmob yang dilakukan di Bundaran HI pada acara car free day yang di lakukan oleh tim Happy Holiday Indonesia dan peserta lainnya. Flashmob ini memang dilakukan untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda. Dengan menggunakan kostum batik, seragam yang mencerminkan penjajah belanda dan jepang, mereka melakukan aksi teatrikal dengan tarian dan iringan musik, lalu di bacakan lah isi dari Sumpah Pemuda. (silahkan lihat http://www.youtube.com/watch?v=dP7lu8LEqgw)

Tidak hanya hal buruk yang dilakukan oleh para pemuda kita dengan melakukan aksi anarkis yang berakhir dengan jatuhnya korban, tapi masih banyak para pemuda kita yang kreatif dan membanggakan bangsa Indonesia dengan masih ingatnya mereka dengan Hari Sumpah Pemuda dimana hari itu para pemuda Indonesia mengikrarkan Sumpah mereka kepada bangsa ini.

“Bukan bagaimana cara kita memperingati hari itu, tapi bagaimana kita mengingat dan menghargai perjuangan para pemuda saat itu dan bagaimana cara kita mengingat sumpah kita, Sumpah Pemuda..” 

Sumber:

http://id.wikipedia.org/wiki/Sumpah_Pemuda
http://www.unand.ac.id/id/berita/universitas/1210-peringatan-hari-sumpah-pemuda-28-oktober-2012-di-universitas-andalas
http://www.youtube.com/watch?v=dP7lu8LEqgw

Kelebihan dan Kelemahan Windows8


Sebelum mengunakan Sistem Operasi yang satu ini, sebaiknya kita pahami segala kekurangan dan kelebihan Sistem Operasi Windows 8, berikut pembahasannya.



Kelebihan :

1.Dioptimalisasi untuk layar sentuh
Windows 8, interfacenya yang dijuluki sebagai Metro benar-benar dioptimalkan untuk sentuhan dengan wujud ala interface Windows Phone.

2. Mendukung chip ARM
Windows 8 mendukung perangkat yang memakai infrastruktur chip ARM. Hal ini diharapkan memperluas jangkauan Windows 8 di arena tablet, mengingat kebanyakan tablet yang beredar saat ini memakai chip ARM.

3. Waktu boot yang singkat
Boot Windows 8 dalam demonya hanya berlangsung dalam 8 detik. Sebuah waktu yang jauh lebih singkat dibanding booting di Windows versi sebelumnya.

4. Windows 8 tidak membutuhkan upgrade PC
Microsoft menyatakan komputer yang bisa menjalankan Windows 7 dapat pula menjalankan Windows 8 sehingga user tak perlu upgrade PC. Menurut Microsoft, prosesor Intel Atom dan RAM 1 GB sudah cukup untuk menjalankan OS ini

5. Toko aplikasi Windows Store
Windows 8 akan memiliki toko aplikasi sendiri yang dinamakan Windows Store. Windows Store menyediakan berbagai aplikasi yang dioptimalkan untuk Windows 8.

6. Mendukung NFC (Near Field Communications)
Windows 8 akan mendukung NFC, sebuah teknologi yang kegunaanya antara lain untuk transaksi keuangan digital. Tablet yang memakai Windows 8 pun kemungkinan besar akan otomatis menyertakan fitur ini.

Kelemahan :


1. Tumpang tindih Metro UI dan Aero UI.
Developer menemukan adanya pergantian secara terus-menerus yang terjadi antara tile-based Metro UI dan glassy Aero UI. Hal tersebut dinilai tidak masuk akal dan sangat membingungkan. Berpindah dari aplikasi Metro dan aplikasi desktop sangat sulit dilakukan.

2. Tidak ada opsi untuk mengubah tiles menjadi icons.
Ukuran tiles terkecil, tampilannya masih terlalu besar. Saat nantinya kita menginstall banyak aplikasi maka screen Metro akan terlihat semrawut.

3. Sulit berpindah antar screen.
Tidak adanya fungsi Alt-Tab seperti saat bekerja dengan desktop dan keyboard untuk berganti dari satu app ke app yang lain mungkin merupakan hal yang sangat sulit. Sebagai gantinya, di Windows 8 Metro UI kita tidak bisa menggunakan pointer atau finder untuk meletakkan screen di sisi kiri dan melakukan drag. Kedengarannya sangat sepele, tapi masalah akan muncul saat kita bekerja dengan banyak aplikasi. Tidak ada cara cepat dan mudah untuk berganti antar aplikasi. Jika menggerakkan mouse ke arah kiri maka sebuah icon akan pops up. Dan jika tidak tepat maka kita harus klik beberapa kali atau mencoba lagi.

4. Metro multitasking.
Jika sobat menggunakan aplikasi Metro (untuk tablet) di Windows 8, screen akan menampilkan dua aplikasi secara berjajar. Untuk pemula hal itu tidak akan menjadi masalah besar. Namun bagi advanced user, kemampuan Metro dengan multitasking hanya untuk dua aplikasi merupakan kelemahan yang fatal.

5. Metro.
Metro memang bisa bekerja baik di tablet tapi UI tersebut sangat tidak kompatibel jika digunakan pada desktop. Sulit dilakukan untuk sobat yang menggunakan Notebook. Sehingga secara default Windows 8 tidak mungkin bisa melakukan booting ke Metro UI. Dengan kata lain Microsoft perlu memberikan kill-switch untuk mematikan Metro UI.

6. konten Flash di Tablet PC.
Ternyata Microsoft memang sengaja membuat Windows 8 ini tidak bisa mendukung konten Flash di Tablet PC. Alasan Microsoft melakukan hal ini adalah untuk menghemat baterai Tablet. Selain itu juga dapat melindungi privasi Tablet kita dan meningkatkan keamanan. Hal ini dikarenakan pada beberapa aplikasi dan perangkat elektronik lainnya, penggunaan konten Flash justru menyebabkan data rusak atau crash.

Sumber:
http://ilmuko.blogspot.com/2012/06/kelebihan-dan-kelemahan-windows-8.html